Wednesday, March 13, 2013

Katak Keluar Tempurung

"Seperti katak dalam tempurung" yang melambangkan seseorang yang picik dan/atau kurang wawasan.
Orang yang telah mengerti luasnya dunia ini dapat dikatakan telah keluar dari tempurung.

Katak dalam tempurung mungkin tampak seperti kekurangan tetapi bila dilihat dari sisi lain katak tersebut mungkin akan mengenali seluruh bagian dari tempurung tersebut.

Bagaimanakah sang katak keluar dari tempurung? terus melompat sampai tempurungnya terbalik, atau terus menendang tanah hingga tanah tergali dan dapat di lewati keluar, atau sesuatu membukakan pintu bagi katak di dalam untuk keluar.

Ketika sang katak melompat, kepalanya akan terbentur tempurung, katak tersebut akan merasa kesakitan, tetapi itu dapat menyebabkan tempurung bergeser dan memberikan posisi lompatan yang lebih baik.

Ketika sang katak menendangi tanah, tanah yang tersapu akan menutupi sisi lain dalam tempurung tersebut sehingga dalam tempurung akan terasa sempit dan sesak memberikan sedikit ruang untuk bergerak.

Ketika sesuatu membukakan pintu untuk sang katak tersebut keluar, katak tersebut harus berani melangkah keluar dan waspada terhadap yang membukakan pintu tersebut, apakah yang membukakan pintu tersebut ingin sang katak keluar dan mengikuti dia, ingin memakannya, atau hanya ingin sang katak keluar dari tempurungnya.

Apapun itu, sang katak harus berkorban diri, ruang dan waktu.

Setelah keluar dari tempurung, sang katak harus memilih, apakah dia akan melangkah ke utara, selatan, timur, barat, berjalan mengelilingi tempurung atau kembali ke dalam tempurung. Arah yang diambil dan lompatannya sangat menentukan bagi hidup sang katak.

Untuk melihat luasnya dunia ini sang katak harus melompat tanpa henti dari arah yang satu kearah yang lain. Namun semakin jauh dari tempurung, semakin jauh pula jarak antara arah-arah tersebut sehingga semakin banyak pula waktu tempuh dari arah satu ke arah yang lain.

Jika sang katak menelusuri satu arah saja sehingga iya terus melompat ke arah yang sama terus-menerus, sang katak akan melompat dengan sangat cepat menjauhi tempurungnya. Tetapi sang katak mungkin tidak akan dapat mengetahui apa yang terdapat di arah-arah yang lain.

Ketika katak keluar dari tempurung, sang katak masih harus mengarungi dunia yang luas. Bukan hanya berdiri disamping tempurung, melihat katak lain melaluinya sambil mengatakan: "saya sudah keluar dari tempurung," yang kemudian dijawab oleh katak-katak yang lain: "saya terlalu sibuk menuju arah ini untuk mendengarkan dirimu yang hanya berdiri di samping tempurungmu."

No comments: